Resep Masakan Rumahan Sederhana Khas Indonesia

Ibu rumah tangga seringkali bingung ketika hendak memasak makanan lezat buat keluarga tercinta karena umumnya suami dan anak anak merasa bosan terhadap menu masakan yang cenderung monoton. Mungkin itulah sekelumit cerita awal seorang ibu mencari ide ide resep masakan rumahan sederhana baik melalui tabloid, majalah wanita hingga situs situs Internet.

Bagi anda yang berencana memberikan kejutan spesial kepada anggota keluarga di rumah dengan menu masakan yang baru maka artikel ini harus anda baca hingga tuntas. Dibawah ini kita akan membahas berbagai ide masakan ala rumahan yang lezat dan mudah dibuat. Silakan simak penjelasannya sebagai berikut.

Resep Masakan Sop Ayam Makaroni Lezat

Masakan sop merupakan sajian lezat paling populer di Indonesia dan banyak negara di dunia dengan versi-nya masing masing. Nah mungkin anda beranggapan terlalu biasa menyajikan sop di rumah, namun bagaimana bila sop ayam dipadukan dengan makaroni lezat. Tertarik? Maka anda harus menyiapkan semua bahan bahan utama terlebih dahulu seperti 1 kg daging ayam yang dipotong ukuran sedang, 1000 ml air bersih, Royco untuk menghadirkan rasa kaldu yang lezat.

Bahan sayuran juga tidak boleh dilupakan, siapkan kol, wortel, kentang, daun bawang, daun seledri dan sayuran lainnnya tergantung selera. Lalu sesuai dengan namanya maka siapkan juga makaroni sebanyak 2 gengaman tangan dan minyak goreng secukupunya untuk menumis. Sementara itu bumbu halus terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, merica bubuk secukupnya.

Setelah semua bahan telah disiapkan maka selanjutnya masuk kedalam proses pembuatan sop ayam makaroni lezat. Seperti biasa panaskan minyak goreng lalu tumis semua bumbu halus, tambahkan air dan masukan daging ayam. Tunggu hingga daging ayam setengah matang, lalu masukan semua sayuran termasuk makaroni. Langkah terakhir tambahkan garam dan penyedap Royco, silakan cicip terlebih dahulu. Setelah rasa masakan sudah pas, angkat dan sajikan.

Demikianlah penjelasan resep masakan rumahan sederhana lezat, semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda di rumah untuk mencobanya atau menciptakan kreasi sop lebih spesial dan lezat lagi. Selamat mencoba.

baca juga artikel menarik lainnya disini

 

Advertisements

4 Langkah Mengatur Pola Makan Guna Memenuhi Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu yang tengah mengandung ada baiknya sangat memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Sebab nutrisi untuk ibu hamil nantinya juga akan diserap oleh janin supaya bisa tumbuh dengan baik serta sehat. Seorang ibu harus menyadari pentingnya menjaga pola makan yang sehat demi kebaikan diri sendiri dan juga janin. Makanan yang sehat dan disertai pola makan yang benar akan menjadikan proses persalinan lebih mudah. Sebab tubuh ibu hamil sudah melakukan persiapan alami untuk mendukung persalinan tersebut.

Mengatur Pola Makan Saat Hamil Untuk Memenuhi Nutrisi Pada Ibu Hamil

Rasa lapar yang selalu dirasakan kapan saja kerap membuat ibu hamil memutuskan ngemil atau makan lagi untuk kesekian kalinya. Hal ini boleh saja asalkan menjaga makanan yang dikonsumsi sehat dan tidak membahayakan janin maupun ibu hamil. Membantu mengatur pola makan berikut beberapa tips penerapannya:

1. Variasikan Jenis Makanan Yang Dikonsumsi

Seringnya makan karena meningkatkan intensitas rasa lapar kerap membuat ibu hamil cepat bosan dengan menu yang disantap nya. Ada baiknya melakukan variasi sehingga tidak bosan, misal menikmati makanan berkuah hari ini dan besoknya yang dipanggang atau ditumis dengan minyak rendah kalori.

2. Jangan Lupa Menikmati Manfaat Vitamin Kehamilan

Selama masa kehamilan pemenuhan nutrisi untuk ibu yang sedang hamil juga akan diperoleh dari vitamin yang diberikan dokter atau bidan. Ketika kontrol rutin selama masa kehamilan maka dokter atau bidan akan senantiasa memberikan asupan vitamin khusus ibu hamil. Konsumsi vitamin yang diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu sendiri maupun si kecil di dalam kandungan. Apalagi jika memang enggan makan lebih banyak sehingga bisa mencegah resiko janin kekurangan gizi.

3. Menjaga Pemenuhan Cairan Tubuh

Kebutuhan cairan tubuh di masa kehamilan wajib dipenuhi yakni sekitar 1,5 sampai 2 liter air setiap harinya. Meski dituntut untuk minum lebih banyak namun hindari minuman berkafein dan mengandung gula tinggi. Perbanyak minum air putih dan hindari pula minuman dalam kemasan meski merupakan minuman favorit. Cairan tubuh yang terpenuhi akan menjaga metabolisme selama mengandung sehingga penyerapan nutrisi makanan lebih cepat. Selain itu mencegah kontipasi yang sering dialami ibu hamil karena saluran cerna nya terdesak posisi janin.

4. Makan Sedikit Namun Cukup Sering

Posisi janin yang berada di perut ibu akan memberikan pengaruh pada sistem pencernaan maupun pembuangan ibu sendiri. Ketika kehamilan sudah besar dan mendekati hari persalinan keinginan buang air kecil semakin banyak. Namun porsi makan semakin sedikit karena perut mudah kenyang, maka dianjurkan makan dan minum sedikit namun sering. Pertimbangkan merawat diri dengan produk Zwitsal, dan nantinya bisa juga digunakan untuk merawat si kecil ketika lahir. Perhatikan asupan nutrisi untuk ibu hamil untuk kehamilan sehat dan janin kuat.

Sumber rekomendasi : Asam Folat : Kenali Lebih Dalam Nutrisi Untuk Ibu Hamil Satu Ini

Tips Menjaga Kesehatan Yang Dimulai Dari Hal Kecil

Kesehatan merupakan anugerah yang paling nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dengan tubuh yang sehat seseorang  dapat melakukan berbagai hal dan berbagai aktifitas dengan menyenangkan. Menjaga kesehatan dapat di mulai dari mana saja, misalnya dnegan mengknsumsi makanan dengan gizi seimbang setiap hari, melakukan olahraga kebugaran agar tubu menjadi stabil, dan masih banyak lagi kegiatan positif yang dapat menjadikan tubuh menjadi sehat. Namun pernahkan terlintas dipikiran anda jika salah satu pengaruh kesehatan kaluarga berawal dari kegiatan mencuci piring? Jika dipikir-pikir lagi memang ada kaitannya, karena setiap hari setiap orang akan memakan berbagai makanan dengan menggunakan piring dan peralatan makan lainnya. walaupun makanan yang dikonsumsi sudah sehat,namun berbagai bakteri yang menempel di peralatan makan anda juga tetap bisa menjadikan anda terserang penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tips dalam menjaga kesehatan untuk keluarga dari mencuci piring akan diberikan pada artikel kali ini.

1. Perhatikan Spons Alat Mencuci Piring

Tips menjaga kesehatan yang pertama merupakan hal yang jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang karena tidak kepikiran sampai sedetail ini. ya, dalam hal mencuci piring kondisi spons memang harus sangat di perhatikan karena ketika setelah mencucipiring dan spons dibiarkan basah begitu saja dalam keadaan lembab, maka pada saat itulah bakteri dan kuman tumbuh dan berkembang biak dengan sangat cepat. disitulah berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit bersarang, dan jika spons tersebut digunakan untuk mencuci ada kemungkinan bakteri berpindah ke piring yang nantinya mengakibatkan keluarga rentan terhadap penyakit. maka dari itu, setelah mencuci piring, pastikan spons dicuci bersih dan ditiriskan ditempat yang kering. Ganti spons secara rutin agar kualitas spons tetap terjaga.

2. Perhatikan Berbagai Makanan Yang Akan Di Konsumsi

Tips menjaga kesehatan berikutnya yaitu mengkonsumsi buah dan sayur. Konsumsi buah dan sayur tersebut memang suatu kewajiban karena di dalam aneka buah dan sayur tersebut terdapat berbagai sumber gizi yang sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. namun teryata mencuci buah dan sayur hanya dengan air saja tidak cukup. Dibutuhkan sabun cair yang dapat membersihkan buah dan sayur dari berbagai kotoran dan pestisidan yang masih menempel. Dengan memperhatikan hal ini secara detail maka anda menjadi selangkah lebih maju dalam menjaga kesehatan.

Hal-hal kecil di atas merupakan tips menjaga kesehatan yang sering terlupakan dan bahkan tak memperhatikan hal sekecil itu dalam menjaga kesehatan. Tentunya untuk memaksimalkan kesehatan keluarga, pilih sabun cuci piring yang tepat dan bahkan mampu untuk membersihka buah dari kotoran tak kasat mata yang menempel. Tentu saja hanya Sunlight yang dapat membersihkan berbagai kotoran pada piring maupun pada buah dan sayur. Hanya dengan sekali usap saja, cucian piring bersih bersinar serta dapat pula menjaga kesehata spons.

Cara Mengatasi Darah Tinggi di Usia Muda

Tekanan darah tinggi yang tidak dijaga dengan baik dapat menimbulkan penyakit yang lain, seperti penyakit jantung dan stroke. Seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi sebaiknya menjaga kesehatannya agar penyakit darah tinggi tidak semakin parah. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal, mulai

Khasiat Daun Sirsak untuk Mengobati Penyakit Darah Tinggi

Cara Mengatasi Darah Tinggi di Usia Muda

Khasiat daun sirsak untuk darah tinggi memang sudah tidak diragukan lagi. Penyakit darah tinggi adalah penyakit yang banyak terjadi di Indonesia. Penyakit ini dapat disebabkan oleh pola makan dan hidup yang tidak sehat, stres atau karena pikiran, keturunan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu penyakit yang satu

Di zaman yang serba mudah ini, dalam bidang pengobatan banyak sekali obat-obatan yang mudah dan praktis untuk digunakan sebagai mengobati berbagai penyakit. Namun di zaman yang serba ada ini, tidak ada salahnya apabila menggunakan bahan atau ramuan alami sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit.

Sariawan seringkali mengganggu aktivitas, karena sariawan menimbulkan rasa sakit apalagi saat sedang makan. Rasa sakit karena sariawan dapat timbul saat makan akan membuat nafsu makan menjadi menurun, sehingga akan sulit untuk menikmati makanan yang enak serta makanan yang kita sukai. Sariawan bisa terjadi dimana saja dibagian mulut.

Mata kaki adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HPV, penyakit ini biasanya terjadi pada jari kaki dan tumit. Akan tetapi penyakit ini juga dapat menyerang telapak tangan, jari tangan, wajah, dan mulut. Berikut adalah beberapa cara mengobati mata ikan. cara menghilangkan mata ikan secara alami Menggunakan getah.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Manfaat pisang untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Pisang adalah yang tidak mengenal musim ini dapat dengan mudah kita temui dimana saja. Manfaat pisang untuk kesehatan dapat dilihat dari kandungan vitamin dan mineral yang banyak terdapat pada pisang.

Sebagai buah yang dapat dikonsumsi secara segar maupun olahan, pisang adalah buah yang memiliki rasa yang enak. Banyak olahan makanan yang dibuat dari bahan dasar pisang, seperti pisang goreng, rebus, kolak, bolu, kue dan lainnya. Selain sebagai bahan makanan, pisang juga memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan .

Berikut ini beberapa Manfaat Pisang untuk Kesehatan.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Buah pisang sangat baik untuk penderita Nyeri Sendi , karena akan membantu dalam melumasi sendi dan kaya akan kalium dan vitamin B6 yang mampu mengurangi rasa nyeri.

Pisang sangat bermanfaat bagi perokok. Kandungan Vit B6 dan B12 yang terdapat pada pisang dapat menjadi penetralisir pengaruh nikotin dalam tubuh.

Pisang sangat baik untuk penderita anemia / kurang darah. Kandungan zat besi yang tinggi pada pisang dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah.

Pisang baik untuk wanita hamil. Pisang memiliki kandungan asam folat yang tinggi yang sangat baik untuk pembentukan janin dan mencegah cacat bawaan pada bayi. Selain itu pisang dapat menjaga kadar gula darah, sehingga mengurangi morning sick pada wanita hamil.

Pisang memiliki kandungan potasium yang dapat berfungsi menormalkan detaj jantung, mengirim oksigen ke otak serta menjaga kadar air dalam tubuh.

Pisang dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh, sehingga kandungan gula yang terkandung pada pisang dapat diubah menjadi sumber tenaga, kerja otot, dan untuk menghilangkan lelah.

Ada banyak manfaat pisang untuk kesehatan. Dari buah yang mudah ditemukan dan murah kita dapat memanfaatkan banyak manfaat untuk kesehatan

Dampak kafein untuk Kesehatan

Mendengar istilah kafein, kita biasanya langsung teringat akan minuman berwarna hitam yang disebut kopi. Ya, sebagaimana namanya, kopi memiliki kandungan utama berupa senyawa kafein. Namun jangan salah, selain terdapat pada kopi, kafein juga terkandung dalam jumlah besar pada teh dan cokelat. Meskipun rasanya nikmat, namun tidak sedikit individu yang pantang terhadap minuman yang berasa pahit ini. Jadi sebenarnya kopi itu berbahaya atau justru bermanfaat bagi tubuh? Berikut akan kita bahas mengenai dampak kafein untuk kesehatan.

Kafein itu sendiri merupakan suatu senyawa berbentuk kristal. Penyusun utamanya adalah senyawa turunan protein disebut dengan purin xantin. Senyawa ini pada kondisi tubuh yang normal memang memiliki beberapa khasiat antara lain merupakan obat analgetik yang mampu menurunkan rasa sakit dan mengurangi demam. Akan tetapi, pada tubuh yang mempunyai masalah dengan keberadaan hormon metabolisme asam urat, maka kandungan kafein dalam tubuh akan memicu terbentuknya asam urat tinggi. Kadar asam urat tinggi merupakan salah satu penyakit yang dihindari karena dapat menimbulkan rasa sakit kronis, terbentuknya batu ginjal, bahkan jika deposit asam urat terdapat pada ginjal dapat merusak ginjal dan jika timbunan urat ada pada persendian dapat menimbulkan kerusakan sendi dan tulang.

Dampak kafein untuk Kesehatan
Dampak kafein untuk kesehatan lainnya adalah dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan hipertensi. Kafein memiliki kecenderungan untuk menghambat aktivitas hormon adenosin yang berfungsi dalam memperlebar pembuluh darah. Akibatnya, dinding pembuluh darah menjadi sempit dan tekanan darah meningkat sehingga terjadilah hipertensi. Selain itu kafein dapat memicu aktivitas hormon stress, yaitu kortikosteroid yang selanjutnya akan berhubungan dengan aktivitas saraf parasimpatik untuk meningkatkan frekuensi jantung di dalam memompa darah, sehingga denyut jantung menjadi lebih cepat. Denyut jantung yang cepat menambah resiko serangan jantung. Namun kafein yang terdapat pada teh dampaknya tidak seberat kopi, karena pada teh terdapat beberapa komponen lain yang menetralisir efek kafein.

Jadi kurang bagusnya dampak kafein untuk kesehatan, mengharuskan kita mengontrol asupan kafein yang masuk tubuh.

Jalani hidup sehat dengan mengkonsumsi madu hutan dan propolis setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh diri dan keluarga agar tidak mudah sakit. Konsultasikan masalah kesehatan Anda kepada kami dengan Klik disini .

Manfaat Khasiat dibalik puasa Bagi Tubuh

Kita telah mengetahui khasiat dibalik puasa. Dan ternyata selain untuk berdiet puasa ini juga dapat memberikan sejumlah manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Bersumber dari Science Daily, beberapa waktu yang lalu peneliti yang melakukan studi di University of Southern California menemukan efek dari metode diet kalori selama empat hari berturut-turut, dimana metode ini memiliki khasiat yang sama dengan kita berpuasa. Metode diet yang ditemukan dari studi tersebut kemudian disebut dengan FMD atau fasting mimicking diet.

Manfaat Khasiat dibalik puasa Bagi Tubuh
manfaat puasa

Hasil pengujian dari metode ini mampu mengurangi faktor risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, kanker dan penuaan. Dan metode diet ini tidak menimbulkan efek samping berarti.

Dengan asupan kalori 34-54% yang lebih sedikit di banding asupan kalori normal tiap harinya, menurut pemimpin studi Velter Longo metode diet yang serupa dengan berpuasa ini mampu mengurangi produksi hormon IGF-I yang berperan untuk proses penuaan, dan juga metode ini memiliki keterikatan dengan faktor yang menyebabkan kanker. Produksi hormon IGFBP dan zat-zat lain yang menjadi faktor pemicu penyakit kardiovaskular dan diabetes dapat dikurangi dengan diet FMD ini.